Tahukah anda, Spons Pencuci Piring adalah Ladang Kuman

Posted on
 

Barang rumah tangga biasa apaah yang memiliki sekitar 362 spesies bakteri yang berada di dalamnya? Anda mungkin sudah bisa menebak dari judul itu adalah spons dapur, tapi tahukah Anda bahwa membunuh makhluk kecil itu membutuhkan waktu lebih dari beberapa menit dalam microwave, sesuai beberapa saran “hacks dapur” terbaru?

sarang kuman di spons dapur

Ada bakteri, maka ada patogen, yang oleh Science Daily gambarkan sebagai “agen biologis yang menyebabkan penyakit atau penyakit.”

Dalam penelitian tersebut, sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Markus Egert, seorang ahli mikrobiologi di Universitas Furtwangen di Jerman, memeriksa DNA dan RNA dalam sampel dari 14 spons yang digunakan dan menemukan 362 spesies bakteri. Selain kejutannya, para periset itu bingung dengan kepadatan semua mikroba yang masuk ke dalam ruang mungil itu. Secara total, sekitar 82 miliar bakteri menghuni satu inci kubik spons.

Para ilmuwan menggunakan beberapa alat yang berbeda untuk mendeteksi jenis bakteri yang berbeda, termasuk fluoresensi dan mikroskop laser. Tidak semua spons tua atau sarat dengan partikel makanan, dan beberapa telah “dibersihkan.”

Dengan apa yang kita ketahui tentang bakteri, tidak mengherankan jika mereka suka nongkrong di spons bekas, apa dengan semua jus ayam mentah, makanan laut dan makanan acak lainnya, belum lagi kuman apa pun yang mungkin ada dalam kemasan makanan. Kontaminasi silang semacam itu adalah penyebab utama penyakit bawaan makanan.

Dan orang sering menggunakan spons untuk membersihkan wastafel dapur, lemari es, talenan, pembuka, ember sampah dan meja makan, yang terakhir adalah penerima segala sesuatu mulai dari tas grosir hingga mainan anak-anak hingga ponsel Anda. Barang-barang ini mungkin sudah masuk ke kontak sebelumnya dengan wastafel kamar mandi Anda, lantai mobil Anda dan mulut anak tetangga Anda.

Bagian dari masalah dengan spons khususnya adalah bahwa mereka umumnya dipegang di bawah keran air panas yang hangat hingga panas, yang hanya menambahkan bakteri tambahan, karena kelembaban dan kehangatan menciptakan lingkungan hidup yang sempurna bagi mereka. Salah satu yang terburuk adalah mikroba yang sangat produktif yang disebut Moraxella osloensis, yang hidup di kulit manusia dan dapat menyebabkan infeksi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Bau kotor yang kotor sering disebabkan oleh bakteri ini, seperti bau mildew-meet-microbe yang mungkin Anda cium saat Anda berjalan menuju wastafel dapur Anda. Bakteri spons kotor lainnya umumnya meliputi E. coli, campylobacter (yang merupakan penyebab utama banyak jenis diare), Enterobacter cloacae, Klebsiella (yang dapat menyebabkan pneumonia), Proteus (penyebab umum infeksi saluran kemih), salmonella dan staphylococcus.

Spons Dapur Anda Berisi Kuman Lebih dari Toilet Anda

Ternyata, 14 spons yang digunakan ilmuwan dalam penelitian mereka akhirnya mengandung lebih banyak bakteri daripada toilet Anda. Kembali ke menyamakan spons dapur Anda dengan toilet Anda, mungkin terasa agak kasar namun Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa banyak orang tidak mencuci tangan dengan benar, atau sesering yang mereka kira mereka lakukan. Selain itu, dapur Anda, menjadi pusat rumah, adalah ruangan yang paling sering dikunjungi oleh teman dan keluarga, dan bersama mereka juga kuman mereka.

Jadi jangan ambil resiko, buanglah spon pencuci piring anda bila sudah kelihatan kotor, toh harganya murah, jauh lebih murah dari kesehatan keluarga anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *