Terungkap, Inilah Fakta Ilmiah Mengapa Nabi Suka Kurma

Posted on
 

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Kurma mendapat tempat istimewa pada menu makanan Rasulullah Shalallahu Alayhi Wasalam dan Nabi-nabi sebelumnya. Tak salah bila umatnya harus mengikuti sunnah yang berhubungan dengan kurma. Di Indonesia, Buah Kurma identik dengan buah Ramadan, namun sejatinya buah kurma merupakan makanan istimewa yang seharusnya ada dalam daftar menu makan kita sehari-hari. Ketika sampai pada jumlah mineral, vitamin, dan fitonutrien yang menguntungkan kesehatan pada kurma, cukup dikatakan bahwa banyak dari mereka. Pertama dan terutama, mereka mudah dicerna, membiarkan tubuh Anda memanfaatkan sepenuhnya kebaikan mereka.

buah kurma

Serat makanan pada kurma membantu memindahkan sampah dengan lancar melalui usus besar dan membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL (buruk) dengan mengikat zat yang mengandung bahan kimia penyebab kanker. Kandungan zat besi, komponen hemoglobin dalam sel darah merah, menentukan keseimbangan oksigen dalam darah. Kalium, elektrolit, membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Vitamin B terkandung dalam kurma, seperti karoten lutein dan zeaxanthin, menyerap ke dalam retina untuk menjaga fungsi penyaringan cahaya yang optimal dan melindungi dari degenerasi makula.

Ingin lebih? Mereka mengandung vitamin A dan K. Vitamin A melindungi mata, menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir, dan bahkan melindungi paru-paru dan mulut karena terkena kanker. Tanin, yang merupakan flavonoid serta antioksidan polifenol, melawan infeksi dan pembengkakan dan membantu mencegah pendarahan yang berlebihan (anti-hemorrhagic). Vitamin K adalah koagulan darah yang juga membantu metabolisme tulang Anda.

Tembaga, magnesium, mangan, vitamin B6 (piridoksin), niasin, asam pantotenat, dan riboflavin juga hadir pada kurma dan memberikan fungsi pencegahan dan penyembuhan unik mereka sendiri.

Bersama-sama, kofaktor ini membantu tubuh Anda memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Makan kurma di moderasi dapat berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan, seperti melindungi terhadap kerusakan sel dari radikal bebas, membantu mencegah stroke, penyakit jantung koroner dan perkembangan kanker usus, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan pankreas.

Fakta Nutrisi Buah Kurma
Jenis: 3,5 ons (100 gram), medjool

  • Kalori 277
  • Kalori dari Lemak 1
  • Total Lemak 0 g 0%
  • Lemak Jenuh 0 g
  • Lemak trans
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Sodium 1 mg 0%
  • Total Karbohidrat 75 g 25%
  • Serat makanan 7 g 27%
  • Gula 66 g
  • Protein 2 g
  • Vitamin A 3%
  • Vitamin C 0%
  • Kalsium 6%
  • Besi 5%
    * Persen Nilai Harian didasarkan pada diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.

 

Studi Menyeluruh pada kurma

buah kurma

Kadmium, toksisitas testis yang terkenal, diuji terhadap ekstrak serbuk sari kelapa sawit untuk potensi terapeutik dan kemampuan untuk mencegah kerusakan reproduksi. Hasilnya mendukung hipotesis para ilmuwan bahwa tidak hanya testis yang rentan terhadap toksin kadmium, namun pada saat itu juga, pengobatan ekstrak tepung sari sawit juga dapat mengubah efek buruknya, mungkin dengan mengaktifkan sistem endokrin dan antioksidan testis.

Studi lain melaporkan manfaat kurma yang paling menonjol: setidaknya ada 15 mineral dalam kurma, termasuk selenium, suatu unsur yang diyakini dapat membantu mencegah kanker dan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, protein, mengandung 23 jenis asam amino, beberapa di antaranya tidak Hadir dalam buah yang paling populer, seperti jeruk, apel, dan pisang. Asam lemak tak jenuh meliputi asam palmitoleat, oleat, linoleat, dan linolenat. Studi tersebut menyimpulkan bahwa kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, dengan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan potensial. Marilah konsumsi kurma setiap hari gaes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *