Rumus Excel Sumif dan Countif

Posted on
 

Rumus Excel Sumif ,  ikhlasin.

Perkenankan ikhlasin untuk membagi beberapa tips ringan mengenai Microsoft Excel. Kali ini kita akan coba membahas rumus sumif, countif dan Vlookup.

Ketiga formula atau rumus di atas akan sangat berguna bila sobat ikhlasin mengolah data yang kompleks dan rumit. Apalagi bila kita dihadapkan pada data-data dinamis yang selalu berubah setiap saat, dengan menggunakan rumus sumif, countif atau vlookup, pekerjaan merekap data akan menjadi otomatis.

Misalnya data stock spare part sebagai berikut:

Kumpulan rumus excel

Dengan asumsi qty stock yang selalu berubah, tentu akan sangat merepotkan bila kita diminta untuk membuat rekap seperti gambar berikut:

rumus excel sumif

Rumus Excel Sumif

Untuk mengisi kolom quantity tiap jenis material dengan tipe motor tertentu, sebenarnya kita bisa menggunakan pivot table, namun dengan pivot table, setiap terjadi perubahan data, kita harus membuatnya secara manual.

Nah, bagaimana agar rekap tersebut terupdate secara otomatis? Gunakan rumus sumif.

Rumus sumif susunannya adalah =SUMIF(range;kriteria;sum range)

Dengan melihat tabel rekapan di atas, setidaknya ada 2 kriteria perhitungan yang akan kita masukkan yakni jenis material dan jenis motor.

Langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

  • Buat bantuan di kolom E2 misalnya, rumusnya =A2&D2 (menggabungkan isi kolom A dan D)
  • Untuk mengisi kolom H3 misalnya, berarti kita diminta menghitung jumlah suatu material untuk tipe motor karisma, rumusnya adalah =SUMIF($E:$E;$G3&H$2;$B:$B)

Arti dari rumus diatas adalah menghitung jumlah di kolom B, dengan membandinkan kriteria di kolom E dengan kolom G3.

  • $E:$E = kolom kriteria pada data sumber
  • $G3&H$2 menggabungkan isi kolom G3 dan kolom H2  pada rekapan. Kriteria  dikunci di kolom G (baris fleksibel) dan Kolom H  (Kolom fleksibel, baris dikunci di baris 2)
  • $B:$B, merupakan kolom yang akan dihitung, dalam contoh adalah kolom B

Mengapa harus menggunakan tanda $ pada kolom E dan B? Fungsi tanda $ pada E dan B artinya agar ketika kita mengcopy paste rumusnya ke kolom sebelahnya, kriteria perhitungan tetap berada di kolom E dan B.

Rumus Excel Countif

Sedangkan fungsi rumus countif adalah menghitung baris yang berisi kriteria tertentu. Misalnya untuk menghitung jumlah baris di kolom A yang berisi kriteria di kolom G3, rumusnya adalah =COUNTIF(A:A;G3)

Contoh file bisa didownload di: rumus sumif dan countif

Semoga berguna ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *