Mengapa Kita Menangis, Inilah Jawabannya

Posted on
 

Mengapa kita menangis, mengapa kita mengeluarkan air mata?

Bila ditanya macam itu, tentu mudah menjawabnya. Bisa jadi karena kita sedih, bisa jadi kita terharu, bisa jadi kita kesakitan atau mata kita terkena uap bawang:-)

Tidak peduli penyebab air mata Anda mengalir, yang pasti proses ilmiah pada saat terjadi “pengairan pada mata” adalah sama.

Anda memiliki kelenjar lakrimal terletak antara bola mata dan kelopak mata yang menghasilkan air mata yang siap mengaliri mata anda pada saat diperlukan.

Mengapa kita menangis

Tiga Jenis Air Mata

  1. Air Mata basal, yang dibuat sebagai bentuk pelumasan dan perlindungan untuk mata Anda
  2. Air mata refleks. Ini adalah bentuk lain dari perlindungan dan dilepaskan dalam menanggapi iritasi, seperti angin, debu, asap atau bawang yang dipotong.
  3. Air mata psikis Anda diproduksi dalam menanggapi emosi yang kuat – stres, kebahagiaan, kesedihan, rasa sakit fisik dan banyak lagi.

Mengapa Kita Menangis?

Menangis itu bukan hanya soal air mata mengalir di wajah Anda. Hal ini juga biasanya melibatkan peningkatan detak jantung Anda, anda mungkin akan berkeringat dan merasakan adanya benjolan di tenggorokan.

Ketika Anda menangis, pembukaan di tenggorokan Anda yang memungkinkan udara untuk masuk dari laring ke paru-paru Anda (dikenal sebagai glotis Anda) menjadi membesar.

Menurut teori, mengapa Anda menangis ketika Anda sedih adalah bahwa hal itu membantu tubuh Anda melepaskan beberapa bahan kimia akibat stres berlebih, sehingga membantu anda merasa lebih tenang dan santai.

Fakta Menarik Tentang Menangis

  1. Menangis akan Membuat Anda Merasa Lebih Baik
  2. Menggunakan pisau yang tumpul saat memotong bawang lebih cepat membuat anda mengeluarkan air mata
  3. Mendinginkan bawang selama satu jam atau lebih sebelum pemotongan akan mengurangi efek dari uap bawang
  4. Menangis Mungkin membantu Anda memenangkan suatu Negosiasi

Menangis adalah respon fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang. [1]

Pada beberapa kasus menangis adalah sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu betul betul sedih atau tertekan.[1]

Aktivitas menangis tidak hanya terjadi akibat dari gejolak emosi, ada tiga macam air mata yang dikeluarkan oleh manusia.[1]

  1. Air mata Basal berasal dari kelenjar air mata dan bertujuan sebagai pelumas agar mata anda sehat (proses lakrimasi).
  2. Air mata Refleks berasal dari respon yang terjadi alamiah dari mata apabila mata kemasukan zat-zat dari luar yang tidak seharusnya masuk ke mata, seperti debu, sabun, saat anda memotong dan mengupas bawang dan lain sebagainya. Air mata ini memicu reaksi berantai yang mengaktifkan bagian di otak agar kelenjar lacrimal di atas mata melepaskan air mata pada kelopak mata agar mengeluarkan zat-zat tersebut.
  3. Air mata emosional hanya terjadi pada manusia dan berasal dari pemicu yang sama dengan gejolak emosi yang mengakibatkan wajah seorang merona merah karena malu atau marah.

One thought on “Mengapa Kita Menangis, Inilah Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *