4 Bahaya Ponsel yang Sering Kamu Lakukan

Posted on
 

4 Bahaya Ponsel yang Sering Kamu Lakukan Pembaca, kelihatannya serem dan berlebihan ya… kalo yang biasa kita denger yaitu Merokok Membunuhmu.. Ya.. tulisan di kotak rokok yang tidak dianggap oleh sebagian besar perokok di negeri ini.

Artikel ini berkaitan dengan bahaya penggunaan ponsel alias telepon seluler aka telepon genggam alias henpon alias hp dalam kaitannya dengan pengendara, baik pengendara roda dua atau pengendara roda empat.

Para peneliti menganalisis data dari lebih dari 900 kecelakaan yang melibatkan cedera atau kerusakan properti. Mereka mencatat pergeseran dramatis penyebab dalam kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka mencatat bahwa faktor yang berhubungan dengan driver seperti gangguan, kesalahan, kerusakan dan kelelahan merupakan sebab dari  hampir 90 persen dari sebuah kecelakaan lalulintas.

Penelitian menyimpulkan secara khusus, panggilan telepon adalah gangguan paling berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan hingga 12 kali lipat, kemudian membaca atau menulis saat mengemudi juga berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan sebesar 20 kali.

Inilah 4 Bahaya Ponsel yang kamu lakukan

  • Meraih item selain ponsel (peningkatan risiko kecelakaan oleh sembilan kali)
  • Texting alias sms (peningkatan risiko enam kali)
  • Meraih ponsel (peningkatan risiko lima kali lipat)
  • Browsing internet di ponsel atau membaca email (peningkatan risiko tiga kali)

Alasan sederhananya adalah hampir mustahil untuk mengendarai mobil dengan aman sambil berbicara atau SMS di telepon karena otak reflektif Anda hanya bisa berpikir tentang satu hal pada suatu waktu. Ini adalah fakta neurologis:

4 Bahaya Ponsel yang Sering Kamu Lakukan

Otak reflektif Anda tidak bisa multitask. Sementara otak refleks Anda mengurus rutinitas mengemudi, otak reflektif Anda harus siaga untuk mempertimbangkan dan membayangkan kejadian masa depan non-rutin yang berada di luar jangkauan otak refleks Anda.

Dengan kondisi di atas maka bisa dibilang penggunaan Hands-Free hampir sama bahayanya dengan Memegang Telepon Anda saat mengemudi.

Dewan keamanan nasional Amerika alias NSC memperkirakan 26% dari semua kecelakaan yang melibatkan ponsel saat mengemudi. 21% kecelakaan dikarenakan menelpon, baik menggunakan hands-free atau tidak, dan tambahan 5% untuk texting alias mengetik sms.

Untuk alasan itu beberapa negara telah menetapkan larangan penggunaan telepon genggam saat mengemudi, namun di negara kita larangan itu belum benar-benar diterapkan.

Tips Untuk Berhenti Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Banyak orang yang sadar bahwa menggunakan ponsel saat mengemudi berbahaya, namun dengan berbagai alasan terus melakukannya.

Untuk membantu menghindari penggunaan ponsel saat mengemudi berikut tips yang bisa diterapkan:

  • Buatlah komitmen pribadi untuk berkendara tanpa ponsel.
  • Matikan telepon atau silent kan saat mengemudi sehingga Anda tidak tergoda untuk menjawab panggilan atau pesan yang masuk.
  • Berhentilah di tempat aman jika memang harus menjawab telepon dari seseorang .
  • Pasang pesan suara untuk menjawab panggilan bahwa Anda akan menelepon kembali ketika Anda dapat melakukannya dengan aman.
  • Tanamkan kepada diri anda dan keluarga dan lingkungan untuk tidak melakukan panggilan telepon, menulis sms atau email saat berkendara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *